Hal Penting VlookUp Yang Harus Diketahui Para Pemula

1 min read

Penggunaan VlookUp memang sangat banyak manfaatnya. Apalagi untuk mengolah data yang tidak sedikit. Untuk para pekerja pastinya sudah tidak awam lagi dengan VlookUp, tetapi masih ada beberapa orang yang belum mengetahui apa itu VlookUp. Sebelum mengetahui hal – hal penting yang harus diketahui terkait VlookUp. Alangkah lebih baiknya kita mengenal VlookUp untuk pemula terlebih dahulu secara singkat.

Fungsi VlookUp

VlookUp merupakah salah satu fungsi dan rumus yang ada pada Microsoft Excel. Menggunakan VlookUp dapat membantu dalam mengerjakan data di Excel. Salah satu aplikasi Microsoft ini memang dikenal mempunyai banyak rumus yang bisa digunakan. Semakin Anda mengeksplorasi dan memperdalam cara kerja fungsi ini, maka Anda akan semakin ahli untuk mengerjakan data di excel Anda.

Fungsi ini akan mencari nilai yang Anda tentukan dan mengembalikan nilai yang cocok dari kolom lain. Lebih teknis, fungsi VlookUp adalah mencari nilai dalam kolom pertama dari kisaran tertentu dari sel, dan mengembalikan nilai dalam baris yang sama dari kolom lain.

Syarat Dalam Penggunaan Excel VlookUp

Catatan yang perlu diingat dalam penggunaan Excel VlookUp adalah:

  1. Fungsi VLookUp tidak dapat membaca dari sebelah kiri, namun fungsi ini selalu mencari nilai lookup di kolom paling kiri dari rentang lookup (table_array).
  2. Dalam rumus VLookUp, semua nilai adalah nilai sensitif, yang berarti bahwa karakter huruf besar dan huruf kecil perlu menjadi perhatian.
  3. Jika nilai lookup lebih kecil dari nilai terkecil di kolom pertama dari jangkauan pencarian Anda, maka fungsi VLookUp akan menghasilkan hasil #N/A error.
  4. Jika parameter ketiga (col_index_num) kurang dari 1, rumus VLookUp akan menampilkan hasil #VALUE! eror. Sebaliknya, jika dalam pengerjaan bahwa ini lebih besar dari jumlah kolom dalam rentang pencarian Anda (table_array), rumus akan menampilkan #REF! error.
  5. Gunakan referensi sel absolut dalam rumus table_array VlookUp Anda untuk mendapatkan rentang lookup yang tepat ketika menggunakan rumus.
  6. Saat mencari, gunakan metode pencocokan perkiraan (range_lookup set ke TRUE atau diabaikan), selalu input data pada kolom pertama dalam rentang pencarian yang diurutkan dalam urutan.
  7. Parameter akhir. Penyediaan TRUE atau FALSE di saat yang tepat akan menghindarkan Anda dari banyak kebingungan saat mengerjakan VLookUp.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *