Belajar Menggunakan VLookUp

1 min read

Untuk sebagian orang, menggunakan fungsi VlookUp memang mudah apalagi bila kesehariannya berkutat dengan Microsoft Excel. Tetapi untuk para pemula itu sangat menyulitkan.

Salah satu anak Microsoft ini memang dikenal mempunyai banyak rumus daripada yang lainnya seperti Microsoft Word dan Microsoft Power Point. Memang fungsi penggunaannya pun berbeda. Microsoft Excel digunakan memang untuk mengolah data, salah satunya VlookUp.

VlookUp merupakan fungsi yang untuk menghasilkan data secara vertical. Maka dari itu, vlookup digunakan untuk mencari data dari kolom pertama yang kemudian mengambil nilai dari sel di baris yang sama pada satu kolom.

4 Argumen Pada VlookUp

Hal yang perlu dipahami dari VlookUp terdapat 4 argumen, yaitu Lookup_value, Table_array, Col_index_num, dan RangeLookUp.

  • Lookup_value yaitu nilai yang akan dicari pada kolom pertama. Ini menjadi penentu dalam menggunakan VlookUp. Nilai ini terdapat pada kolom pertama (paling kanan) dari Table_array. Bisa berupa angka, teks, tanggal, atau bisa juga berupa nilai dari hasil excel lainnya.
  • Table_array yaitu tabel yang terdapat lebih dari 2 kolom yang Lookup_value ada pada kolom pertama pada data ini.
  • Col_index_num yaitu argument dari Table_array yang akan diambil sebaris untuk nilai sebaris dengan posisi Lookup_value pada kolom pertama.
  • RangeLookUp yaitu nilai Boolean TRUE atau FALSE, ini merupakan tipe pencarian. Nilai ini sebagai acuan untuk menetapkan apakah VlookUp menemukan hasil yang sama atau tidak mendekati.
  1. True: Menghasilkan Lookup_value yang sama persis atau mendekati
  2. False: Menghasilkan Lookup_value yang sama persis saja. Jika tidak akan mengeluarkan pesan error#NA!

Rumus Yang Dipakai Pada VlookUp

Rumus VlookUp adalah:

=VlOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;{range_lookup})

Itulah beberapa argument yang harus dipahami dalam penggunaan fungsi VlookUp. Tidak hanya bisa diterapkan pada satu sheet yang sama, rumus VlookUp bosa digunakan pada sheet yang berbeda.

Rumus dengan berbeda sheet adalah:

=VLOOKUP(lookup_value,Sheet1!table_array;col_index_num;{range_lookup})

*nama sheet bisa diganti sesuai dengan dimana data tabel ditempatkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *